happy new year 2019, telat banget lah ini, baru bisa nulis lagi sekarang, soalnya akhir tahun kemarin banyak jalan kesana kemari, jadi ga ngeblog dehhh......
ok langsung aja kawan - kawan, kali ini tulisanku tentang pengalaman menjadi mitra grab food, layanan pesan antar makanan menggunakan grab. Apa yang aku tulis ini berdasarkan pengalaman pribadi yaah, ga ada maksud menjelekkan atau merugikan pihak lain and my honest experience
PENDAFTARAN MENJADI MITRA GRAB FOOD
Niatnya jadi mitra grab food ini, yang pasti ingin menaikkan omzet penjualan usaha kulinerku sekalian promosi secara online, kan sekarang zamannya online, apa-apa serba online termasuk makanan. Aku langsung cuss ke kantor grab yang di Semarang, kantornya deket sama stasiun poncol, jadi satu kompleks sama metro futsal. Pas datang pertama kali hari sabtu, ternyata pelayanan grab foodnya ga ada gaes, hanya ada grab bike sama grab car aja. Khusus grab food dibuka pelayanan hari senin sampai jumat aja jam 8 pagi sampai jam 4 sore, terus disaranin sama mbak-mbak cs nya untuk daftar via website grab aja. Ok, sesuai saran mbak cs nya, aku daftar via website. Setelah 2 mingguan, ga ada konfirmasi dan kabar apa-apa dari grab. Walhasil aku balik lagi deh ke kantor nya grab, ini pas hari kerja.
Pelayanan grab food ada di lantai 3, cuss deh naik, ketemulah sama 2 orang mbak-mbak yang ngurusi pelayanan grab food. Nah disini ditanyain, nama usaha kuliner nya, email penanggung jawab resto, no HP penanggung jawab resto, menu makanannya apa aja, penanggung jawab usaha nya siapa, alamat usahanya dimana sekalian dicocok kan koordinat tempat usahanya sama di maps, foto, sayangnya untuk foto, pihak grab cuma nerima 2 foto aja gaes. 1 foto untuk banner di aplikasi grab food sama foto kecil sebagai logo, so yang punya banyak menu dan kepengin buat foto menunya ditampilin ke aplikasi grab ya ga bisa, mesti milih 2 foto yang terbagus.
Abis ditanya lumayan panjang kali lebar, kita disodorin sejumlah form buat diisi dan tanda tangan. Plus jangan lupa siapin 2 lembar materai yaa. Waktu itu ga tau kalo perlu materai, terpaksa deh cari, paling deket nemu di Indomaret harganya 7 ribu / lembar
kantor grab di semarang |
SELAMA MENJADI MITRA GRAB FOOD
Ok selama 2 mingguan, ga ada kabar, udah di setujuin belom jadi mitra grab food, tau-tau ada driver yang dateng bawa pesenan. Alhamdulillah ya Allah, nah buat tau pesenannya apa aja kita tinggal lihat di hp driver grab, disitu udah ada pesanannya apa aja, jumlah nya berapa, dan harga makanannnya. Khusus harga makanannya, aku naikin harga nya dari harga semula soalnya kenapa ???? ntar di akhir bulan nanti kita dapat tagihan komisi dari grab food, jumlah komisinya sendiri 22,72% dari harga yang tercantum di aplikasi masih ditambah ppn 10%, tuh banyak kan, makanya aku up dulu harga makanannya.
alurnya gampang sobat, driver datang bawa makanan, siapin makananya, tulisin nota buat drivernya, kalo kita baik hati sih ngasih minum ke drivernya, tapi kalo medit pelit mungkin ga ngasih, up to you lah hehehehehe. Kayak gitu aja sih operasional dari grab food, tapi masih ada kelemahannya gaes. Misal kita mau nambah menu, mau update stock makanan, update harga makanan, buka tutup resto ga gampang, harus WA ke hotline grab food semarang dulu. YAhh agak lama sih responnya dan gak cepet. Oiya driver grab ini bayarnya masih manual ya, pakai uang tunai. Nah kita mesti punya catatan sendiri nih gaes, berapa jumlah komisi nya grab food, jadi ahli ngitung sedikit lah. Soalnya ntar akhir bulan ditagih sama grab nya.
Pas akhir bulan, aku dapat email tagihan komisi dari grab food. Kita mesti setor ke Bank CIMB Niaga sesuai dengan jumlah yang ditagih sama grab. Karena jumlah komisi nya pake koma yakni 22, 72% jumlah total komisinya jadi ga bulet koma-koma gitu loh, Misalnya 50.300,72 jadi mesti lebih bayar jadi 50.400 gitu. Kita dikasih waktu 2 minggu untuk penyelesain pembayaran. KAlo ada data transaksi yang ga bener, grab ngasih form ketidaksesuaian buat diisi. Berhubung akunya malas, langsung aja bayar sesuai tagihan hehehehe, Jangan ditiru loh ini, sebaiknya diteliti bener-bener dulu sebelum bayar man- teman.
QUIT DARI GRAB FOOD
Aku jadi mitra grab food gak lama gaes, cuma sekitar 5 bulanan aja, soalnya tiba-tiba ada masalah. Tau-tau terjadi penurunan harga, pas drivernya datang bawa pesenan, harganya koq jadi turun. Padahal aku ga lapor apa-apa ke WA hotline grab food semarang loh. Ini kan aneh ya kan, untung ada driver yang pengertian. Tapi ada driver yang ga pengertian juga, malah marah pas dijelasin adanya perubahan harga. Aku akhirnya WA hotline grab food semarang, ini koq tau-tau berubah, padahal ga minta buat dirubah, mana malah turun lagi harganya. Terus mereka dengan entengnya bilang, ya dikasih tau aja drivernya kalo harganya ga update.
Karena terus-terusan salah harga, aku langsung aja tuh ke kantor grab lagi, lapor ke mbak-mbaknya ini koq salah. terus mereka bilang mau nyampaika masalah ini ke kantor pusatnya grab. TApi 3 mingguan ga ada progress apa-apa gaes. Akhirnya aku nyari-nyari sendiri, ini kenapa koq harganya beda mulu, ternyata oh ternyata ada tiga merchant gaes, yang namanya sama dengan nama restoran ku, WHATTTSSSS ini koq bisa??? dan harganya beda semua, menu nya ga sama pula dengan pas awal aku ngasih menu. Lapor lagi lah aku ke kantor grab sama WA hotline grab food, ga ada respn pula. Akhirnya karena malas berselisih sama driver grab nya, aku mutusin berhenti untuk jadi mitra grab food.
itulah pengalaman gue selama jadi mitra grab food ditaun 2018 kemarin. Semoga membantu ya man-teman. Waalaikumsalam
Hi, Pengalamannya mirip thn 2018an. Singkatnya Outlet ada dua yg tampil, susah sekali updatenya (kalah telak dengan yg aplikasi food lokal)thn 2019 akhir ada driver nanya alamat krn msh dapat order. Mau lanjut ke aplikasi grab merchant server error terus.
BalasHapus